Loading...

Sabtu, 18 Februari 2012

Pengertian Tauhid Rububiyah


Pengertian Tauhid Rububiyah
Ada tiga macam tauhid, yaitu Tauhid Rububiyah, Tauhid Uluhiyah, Tauhid Asma' wa Sifat. Berikut adalah pengertian dari Tauhid Rububiyah.

Pengertian Tauhid Rububiyah adalah meng-esakan Allah dalam penciptaan, pemberian rezeki, pemeliharaan alam semesta, penghancuran alam semesta, pencabutan nyawa, dan pembangkitan manusia. itulah tauhid rububiyah. beriman bahwa Allah satu-satunya pencipta, satu-satunya pemberi rezeki, tidak ada yang dapat memberi madhorot dan manfaat kecuali hanya Allah.

Macam pertama dari tauhid ini, jika seseorang mengakuinya tanpa mengakui macam-macam tauhid yang lain maka belum bisa disebut muslim. karena orang-orang kafir juga mengakuinya. Allah berfirman :

وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ مَنْ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ لَيَقُولُنَّ اللَّهُ
Artinya : "Dan sesungguhnya jika kamu tanyakan kepada mereka: "Siapakah yang menjadikan langit dan bumi dan menundukkan matahari dan bulan?" Tentu mereka akan menjawab: "Allah"." (QS Al-Ankabut : 61)

Allah juga berfirman :

قُلْ مَنْ يَرْزُقُكُمْ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ أَمَّنْ يَمْلِكُ السَّمْعَ وَالْأَبْصَارَ وَمَنْ يُخْرِجُ الْحَيَّ مِنَ الْمَيِّتِ وَيُخْرِجُ الْمَيِّتَ مِنَ الْحَيِّ وَمَنْ يُدَبِّرُ الْأَمْرَ فَسَيَقُولُونَ اللَّهُ
Artinya : "Katakanlah: "Siapakah yang memberi rezeki kepadamu dari langit dan bumi, atau siapakah yang kuasa (menciptakan) pendengaran dan penglihatan, dan siapakah yang mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup dan siapakah yang mengatur segala urusan?" Maka mereka akan menjawab: "Allah."." (QS Yunus : 31)

Dan kenapakah mereka belum disebut sebagai muslim?

Karena mereka belum mengakui dan beriman dengan Uluhiyah Allah (silahkan baca artikel tentang Tauhid Uluhiyah). dan inilah macam tauhid yang kedua yang menentukan seseorang disebut sebagai muslim atau bukan.

# Diterjemahkan dari
I'anah Al-Mustafid Bi Syarh Kitab At-Tauhid, karya Syeikh Sholeh Fauzan Al-Fauzan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar