Jumat, 10 Februari 2012

Doa Sebelum Salam Dzikir Sesudahnya

Doa Sebelum Salam Dzikir Sesudahnya
Syeikh Muhammad Shalih Al-Utsaimin pernah ditanya tentang perkataan Ibnu Taimiyah :

إن الدعاء يكون قبل السلام والذكر بعده
Artinya : "Sesungguhnya doa adalah ketika sebelum salam (dari sholat) dan dzikir adalah setelahnya."

Beliau menjawab : Adapun pertanyaan tentang perkataan Ibnu Taimiyah dan muridnya Ibnu Al-Qoyim -rahimahumallah- : "Sesungguhnya doa adalah ketika sebelum salam dan dzikir adalah setelahnya," adalah perkataan yang baik sekali berdasarkan hadits dari Ibnu Mas'ud yang menyebutkan bahwa ketika Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- mengajarinya tasyahud, beliau bersabda :

ثم ليتخير من الدعاء أعجبه إليه
Artinya : "Kemudian agar memilih doa yang diinginkan." (HR Bukhori dan Muslim)

Beliau -sholallahu 'alaihi wasallam- menganjurkan kepada orang yang sholat untuk berdoa setelah membaca bacaan tasyahud secara langsung dan sebelum salam.

Dan adapun dasar bahwa dzikir setelah salam adalah firman Allah :

فَإِذَا قَضَيْتُمُ الصَّلاةَ فَاذْكُرُوا اللَّهَ قِيَاماً وَقُعُوداً وَعَلَى جُنُوبِكُم
Artinya : "Maka apabila kamu telah menyelesaikan shalat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring." (QS An-Nisa : 103)

Maka dengan ini, apa yang terjadi setelah salam (dalam sholat) merupakan dzikir dan yang terjadi sebelum salam merupakan doa sebagaimana yang disebut oleh hadits dan Al-Qur'an diatas.

Bisa juga kita katakan bahwa ketika dalam sholat, orang tersebut sedang bermunajat dengan Allah -ta'ala- sebagaimana yang dikatakan Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam-. dan ketika salam, berarti dia telah selesai dari bermunajat dengan Tuhannya.

Bagaimana mungkin kita mengatakan, "Akhirkanlah doa sampai kamu selesai bermunajat dengan Allah -ta'ala-." secara akal, bahwa doa terjadi sebelum salam yaitu ketika hamba sedang dalam keadaan bermunajat dengan Tuhannya. dan inilah yang dimaksud dari perkataan Ibnu Taimiyah dan muridnya Ibnu Al-Qoyim.

Tidak mengapa seseorang kadang-kadang berdoa setelah selesai melaksanakan sholat. akan tetapi tidak untuk menjadikannya sebagai amalan sunah yang diperintahkan sebagaimana yang dikira oleh sebagian orang, mengangkat tangannya (berdoa) setelah selesai melaksanakan sholat sunah. hal ini, saya tidak mengetahui dasarnya dari Nabi -sholallahu 'alaihi wasallam-.

#Sumber
Majmu' Fatawa, Ibnu Al-Utsaimin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar