Selasa, 24 Juli 2012

Tinjauan Medis: Tanda Balig Pada Wanita

Tinjauan Medis: Tanda Balig Pada Wanita
Pertanyaan:

Assalamu’alaikum
Saya ingin bertanya. Saya heran kenapa ada bercak-bercak coklat di celana dalam saya (maaf ya). Bercak-bercak itu baru saya sadari ketika saya buang air kecil. Sebelum saya tau ada bercak-bercak tersebut, perut saya itu terasa nyeri melilit sekali dan ada juga rasa nyeri di bagian/sekitar dalam bibir kemaluan dekat selangkangan. itu kenapa ya? Saya selama ini belum pernah dapat haid, umur saya 15 tahun tapi kenapa belum dapat haid juga ya. Apa itu tanda haid?
Terima kasih.
Dari: Namira



Jawaban:

Wa’alaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh
Terima kasih atas pertanyaan yang Saudari ajukan.
Pada usia seperti Saudari, yakni 15 tahun, jika sebelumnya tidak ada keluhan kesehatan yang berarti di daerah panggul, dan tanda-tanda pematangan organ tubuh untuk wanita terjadi sesuai perkembangan usia, maka kemungkinan yang terjadi benar adalah menstruasi yang pertama.
Beberapa tanda menjelang menstruasi, meskipun bervariasi per individunya:
- Payudara terasa nyeri .
- Perut bagian bawah, sekitar bahwa pusar terasa kram.
- Perubahan mood, lebih mudah marah tapi juga lebih depresi.
- Dorongan nafsu makan lebih besar.
- Pegal-pegal di sekujur tubuh, khususnya daerah punggung bawah.
Terlambatnya haid bisa disebabkan banyak faktor, salah satunya proporsi lemak tubuh yang tidak memadai.
Semoga ada manfaatnya.
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Dijawab oleh dr. Hafidz N (Pengasuh Rubrik Kesehatan Konsultasi Syariah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar